Vitalac

Vitalac

Vitalac

5 Star Mom

5 Star Kid Diare? Ini Cara Mengatasinya

5 Star Kid Diare? Ini Cara Mengatasinya

Diare sering dialami anak-anak dan bisa disebabkan kuman di mainan, toilet, atau, benda yang dimasukkan ke dalam mulut, kandungan makanan tertentu, konsumsi antibiotik yang sudah terlalu lama, dan lain-lain. Pada bayi, diare bisa disebabkan Rotavirus. Meski demikian, diare juga bisa disebabkan faktor lain.

Nah, sebagai orangtua, Mama diharapkan dapat mengenali penyebab diare pada 5 Star Kid dan sesegera mungkin menghentikan penyebabnya. Selain itu, Mama harus sigap, waspada, dan tidak panik saat 5 Star Kid mengalami diare. Pasalnya, menurut Riskesdas 2007, diare adalah penyebab utama terjadinya kematian pada balita. Jadi, jangan sepelekan diare.

Nah, apa yang harus Mama lakukan saat 5 Star Kid terkena diare? Inilah beberapa pertolongan pertama yang dapat Mama lakukan di rumah:

1. Mama harus mengetahui apakah 5 Star Kid benar-benar terkena diare. Pasalnya, tinja bayi yang sehat menyerupai tinja dewasa yang sedang diare, yaitu lembek, berair, dan cukup sering buang air besar (BAB). Jadi, Mama sebaiknya teliti dalam mengamati ada tidaknya peningkatan frekuensi BAB dan konsistensi tinja 5 Star Kid.
 

2. Komposisi tubuh 5 Star Kid (terutama bayi) berbeda dengan orang dewasa. Semakin kecil umur 5 Star Kid, semakin besar komposisi air dalam tubuhnya. Artinya, ketidakseimbangan air dalam tubuh akan memengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, saat 5 Star Kid diare, berikan cairan yang lebih banyak supaya dehidrasi bisa dicegah.

Namun, jika 5 Star Kid menolak cairan yang diberikan Mama, misalnya tidak mau minum, jumlah diare terlalu banyak, dan muntah, pertimbangkan memberikan oralit.
Larutan gula garam ini dapat membantu menggantikan garam dan elektrolit yang hilang. Berikan juga 5 Star Kid makanan kesukaannya agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Namun, segera bawa 5 Star Kid ke dokter jika ia mengalami dehidrasi dan tanda berikut ini:

1. Diare terjadi lebih dari 3 hari.

2. Terlihat kesakitan.

3. Demam tinggi.

4. Muntah, tidak mau makan dan minum.

5. Tinja berwarna hitam atau bercampur darah.

6. Kekebalan tubuh rendah.

7. Sakit perut.

8. Belum buang air kecil dalam waktu 6 jam untuk bayi atau 12 jam untuk anak-anak.

Pengetahuan Mama dalam mengenali dan mengatasi diare sangat penting dalam menyelamatkan 5 Star Kids dari bahaya diare. Mama pun diharapkan dapat menjaga kesehatan dan keselamatan 5 Star Kid.